Sosialisasi Mengenai Program Pertashop Dari Pertamina Yang Bekerjasama Dengan Kemendagri

  • Kamis, 10 September 2020 - 14:49:58 WIB
  • apri
Sosialisasi Mengenai Program Pertashop Dari Pertamina Yang Bekerjasama Dengan Kemendagri

Rabu (9/9/2020) Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah mengikuti Rapat Koordinasi Virtual mengenai Program Pertashop PT. Pertamina.

Rakor tersebut adalah tindaklanjut dari nota kesepahaman antar kementrian dalam negeri dengan Pertamina (Persero) tentang dukungan pemerintah dan masyarakat desa dalam peningkatan dan pengembangan program Pertashop di desa.

Pertashop adalah SPBU mini yang resmi bekerja sama dengan pertamina. Harga yang di jual Pertashop juga sama dengan BBM yang di jual di SPBU Pertamina. Pasokan BBM juga rutin di pasok dari truk truk ina.

Tangki pertamina Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas’ud Khamid menyatakan, Pertamina membuka peluang kerja sama kemitraan bisnis Pertashop kepada Pemerintahan Desa, Koperasi, serta pelaku usaha atau UKM di seluruh Indonesia. Pertamina menargetkan dari 7.196 kecamatan di Indonesia, sebanyak 3.827 kecamatan yang belum memiliki lembaga penyalur akan dibangun satu outlet Pertashop. Adapun jenis Platinum berkapasitas penyaluran 1.000 liter per hari, memiliki tangki penyimpanan 10 KL, luas lahan 200 meter persegi dan lokasinya di Kecamatan yang belum terdapat SPBU.

Sementara jenis Diamond berkapasitas penyaluran 3.000 liter per hari, memiliki tangki timbun 10 KL, luas lahan 500 meter persegi, dan berlokasi di kecamatan yang belum terdapat SPBU. Lalu berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha Pertashop? Untuk kategori Gold, setidaknya dibutuhkan modal investasi sebesar Rp 300 juta, Platinum Rp 500 juta, dan Diamond sebesar Rp 700 juta. Investasi awal ini di luar lahan dan pengurusan izin di lokasi. “Pertamina mengembangkan dua pola investasi.

Pertama, Pertamina yang berinvestasi dan Desa yang menjalankan atau Desa yang melakukan Investasi dan ada rasio pembagian keuntungan,” imbuh Mas’ud. Mas’ud menambahkan, bagi yang berminat kerja sama bisnis, Pertashop bisa menyiapkan lahan atau lokasi yang sesuai dilengkapi dokumen badan usaha atau badan hukum. Nanti akan dilakukan survei lapangan untuk melihat kelayakan dari omzet dan jarak dengan SPBU atau lembaga penyalur Pertamina yang telah dibangun sebelumnya.

 

  • Kamis, 10 September 2020 - 14:49:58 WIB
  • apri

Berita Terkait Lainnya